Tips Memilih TV LED yang Awet

Tips Memilih TV LED yang Awet

Teknologi terus berkembang tanpa pernah berhenti dalam kehidupan manusia. Satu teknologi yang dianggap maju pada masanya, akan terasa kuno ketika ada teknologi yang lebih modern. Perkembangan teknologi ini juga menyentuh televisi. Jika 10-15 tahun yang lalu TV tabung masih banyak dijual di toko-toko penjual barang elektronik, maka sekarang sebagian besar sudah diganti dengan TV LED (light-emitting diode).

Jika Anda memang ingin mengganti tv lama dengan tv LED, ada beberapa tips memilih TV LED yang harus diperhatikan. Yuk simak sama-sama.

1. Harga yang Ditawarkan
Bila putusan untuk mengganti tv lama dengan tv LED sudah mantap, maka mulailah dengan melakukan survei harga. Jangan langsung tergiur dengan harga murah yang ditawarkan sebelum Anda mengecek produk yang sama di toko yang lain. Bisa jadi harga yang ditawarkan toko sebelah ternyata lebih murah.

Lakukan perbandingan dengan tenang, tidak perlu terburu-buru. Selisih 100-200 ribu rupiah juga sudah cukup menguntungkan bagi Anda. Karena itu, lakukan survei harga ini secara jeli dan selektif. Pertimbangkan juga program pembelian yang ditawarkan sebuah toko dengan toko yang lain. Biasanya toko elektronik besar akan menawarkan harga miring dalam periode tertentu, seperti Hari Kemerdekaan atau menjelang akhir tahun.

2. Spesifikasi dan Fitur TV
Setelah memilih tv LED dengan harga penawaran terbaik, periksa spesifikasi dan fitur yang dimiliki. Pastikan Anda melakukan perbandingan harga pada seri dan merek tv yang sama.

Seri yang berbeda, meski mereknya sama, biasanya akan memiliki fitur dan spesifikasi yang berlainan. Dan tentu saja harga yang berbeda. Anda harus memahami fitur-fitur yang tersedia dalam sebuah tv LED. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang murah, tapi spesifikasi dan fitur yang tersedia tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Semakin lengkap fitur yang dimiliki, akan berbanding lurus dengan harga jual tv LED. Ambil contoh, sebuah tv LED yang sudah tergolong smart tv pasti akan dijual lebih mahal dibanding tv LED biasa. Karena sebuah smart tv memang butuh komponen yang lebih banyak dan lebih canggih dibanding tv LED biasa.

3. Resolusi TV
Kelebihan utama tv LED dibanding tv tabung adalah punya rasio ketajaman gambar yang jauh lebih tinggi. Bahkan dengan tv LCD saja, tv LED punya rasio yang jauh lebih tinggi. Karena itu perhatikan poin ini saat Anda memilih tv LED.

Resolusi gambar tv LED akan mencapai jutaan. Ini artinya, tingkat ketajaman gambar sudah sangat baik. Pastikan tv LED yang Anda pilih sudah memiliki resolusi full HD 1080p. Ini untuk memastikkan bahwa tv LED yang dibeli akan menyajikan gambar yang tajam dan jelas.

Akan lebih baik lagi jika resolusi yang tinggi ini dilengkapi dengan fitur digital support. Seperti mampu menangkap siaran tv digital tanpa menggunakan alat bantu. Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati tayangan digital yang punya gambar lebih tajam dan bebas dari goyangan laiknya gambar yang ditangkap dengan menggunakan sistem analog.

4. Konektivitas
Selanjutnya, perhatikan juga konektivitas tv LED tersebut. Sebagai sebuah tv dengan teknologi canggih, tv LED tentu tidak hanya digunakan untuk menyaksikan siaran televisi saja. Bisa digunakan untuk menonton video, bermain game, menjadi layar monitor komputer, bahkan bisa dijadikan sarana menonton Youtube dari ponsel yang dilanjutkan ke tv.

Untuk bisa menonton video, slot yang tersedia bukan lagi AV (audio video) biasa, melainkan harus sudah memiliki slot HDMI. Slot ini harus tersedia jika Anda ingin menonton video dengan teknologi blue ray atau memainkan game konsol seperti PlayStation 4 atau Xbox 360.

Selain itu, biasanya juga dilengkapi dengan slot USB dan wifi untuk koneksi nirkabel dengan ponsel atau gadget Anda yang lain. Slot-slot ini harus tersedia saat membeli tv led agar kepuasan menonton bisa tercapai.

5. Sesuaikan dengan Budget
Apa pun keinginan Anda soal tv LED ini, tetap sesuaikan dengan budget. Sebuah hal yang wajar jika Anda memang ingin punya tv LED yang terbaik dan tercanggih. Namun, dapat dipastikan butuh biaya yang besar untuk bisa memiliki tv tersebut.

Jadi, tetap perhatikan kondisi keuangan Anda. Jika memang memungkinkan atau ada dana lebih, silakan membeli tv LED dengan teknologi paling baru. Jika tidak memungkinkan, jangan terlalu memaksakan. Apa jadinya ketika Anda sudah memiliki tv LED tercanggih di rumah Anda, tapi dalam beberapa bulan ke depan budget belanja keluarga dipangkas besar-besaran.

Bisa-bisa Anda hanya makan dengan tempe, tahu, dan kecap setiap hari. Belum ditambah omelan istri akibat budget bulanannya Anda pangkas.

6. Garansi
Laiknya sebuah produk elektronik yang resmi, Anda harus mendapatkan garansi dari tv LED yang dibeli. Karena setiap produk, apalagi produk elektronik, ada kemungkinan mengalami kerusakan saat pengepakan atau pengiriman bahkan saat proses produksi. Garansi ini umumnya diberikan selama satu tahun sejak tanggal pembelian.

Pastikan garansi yang Anda dapat adalah garansi pabrik, bukan garansi toko. Garansi pabrik akan menjamin produk yang Anda beli akan diganti baru ketika terjadi kerusakan yang bukan diakibatkan oleh kelalaian pembeli.

7. Sesuaikan dengan Luas Ruangan
Tips dalam memilih tv LED berikutnya adalah menyesuaikan dengan luas ruangan tempat menyimpan tv tersebut. Sebagai ilustrasi, akan aneh rasanya menonton tv dengan ukuran di bawah 21 inci dalam ruangan yang luasnya mencapai 45 meter persegi. Sama anehnya dengan menonton televisi ukuran 50 inci di ruangan 9 meter persegi.

Selalu sesuaikan ukuran tv LED yang dibeli dengan luas ruangan. Dapatkan perbandingan yang tepat sehingga kenyamanan Anda tidak akan terganggu saat menonton. Apalagi ada jarak minimal menonton tv sejauh 2 meter agar mata Anda tidak cepat lelah dan mengalami iritasi.

8. Desain yang Menarik
Terakhir, Anda tentu tidak bisa lepas dari desain dari tv LED yang diinginkan. Desain ini terkesan tidak memberi banyak manfaat dibanding fitur dan teknologi yang dimiliki tv LED. Tapi, akan memberi nilai estetika yang bagus jika sesuai dengan desain ruangan tempat menyimpan tv.

Ada sejumlah produsen tv yang merancang desain yang futuristis, ada juga yang masih konvensional. Desain yang menarik tentu akan lebih enak dipandang daripada desain standar yang cenderung kaku. Anda pun akan merasakan hal yang berbeda ketika melihat sebuah tv dengan desain cantik dibanding yang berbentuk biasa-biasa saja.

Have your say